“Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu" Yohanes 15:16

Selasa, 04 Oktober 2011

Cara Membuat Teks Bergerak

Untuk membuat blog lebih hidup/bervariasi, salah satu cara dengan membuat teks bergerak atau berjalan. Apakah di “main”, “sidebar” dari blog. Untuk membuatnya sangat mudah yakni dengan membuat printah efek marquee default. 


Contoh 1

<marquee>Selamat Datang</marquee>

Contoh diatas adalah perintah marquee yang tanpa embel-embel lainnya. Seumpama anda ingin menempatkan dalam halaman yang lebarnya sekian atau tingginya sekian, maka perlu ditambahin embel embel width: lebar dan height: tinggi, dsb. Ganti "selamat datang" dengan kata-kata yang anda sukai.

Contoh 2

<marquee behavior=’alternate’ bgcolor=#ADFF2F
scrollmount=8 width=400px><span
style=color:blue>Horas… Horas… Horas</span>
</marquee>

Keterangan :
·         Behavior=: adalah untuk mengatur perilaku gerakan, untuk contoh diatas adalah 'alternat' yaitu bergerak bolak balik dari kiri kekanan/sebaliknya, nah jika anda mau perintah perilaku yang lainnya seumpama bergerak sekali saja lalu berhenti adalah 'slide' atau 'scroll' yaitu bergerak berputar. Anda bisa mencobanya sendiri.
·         bgcolor: adalah untuk mengatur warna background.. bisa anda isi sesuai yang anda inginkan.
·         scrollamount=: adalah perintah kecepatan gerakan, jika anda ingin lebih cepat maka anda perbesar jumlah angkanya dan sebaliknya jika mau diperlambat.
·         width: adalah perintah untuk membuat lebar, jika ingin ditambahkan bisa di ditambah height: yaitu untuk ukuran tinggi.
·         dan yang terakhir adalah span color: yaitu untuk mengatur warna text yang bergerak.
·         Ganti "Horas… Horas… Horas" dengan kata-kata yang anda inginkan

Contoh  3

<marquee onmouseover=this.stop()
onmouseout=this.start()
scrollmount=2 direction=up width=170
height=100>tulisan anda di sini
Tulisan anda di sini
Tulisan anda di sini
Tulisan anda di sini
Tulisan anda di sini</marquee>

Keterangan :
·         onmouseover="this.stop()" : adalah perintah yang mana jika mouse anda letakkan diwilayah area teks yang anda kasih efek marquee akan berhenti bergerak.
·         onmouseout="this.start()": adalah kebalikan dari diatas, yaitu jika mouse anda lepaskan lagi maka akan kembali bergerak.
·         direction="up": adalah untuk mengatur perintah berjalan kearah atas. Jika mau kearah bawah ganti kata "up" dengan kata "down"
·         keterangan selebihnya seperti di atas.
·         Tulisan "Tulisan anda di sini" dapat anda ganti dengan kalimat yang anda kehendaki

Mana pun yang anda pilih, caranya sama. Buka blog anda. Klik "Desain", klik “Rancangan” sampai muncul "Elemen Laman". Sekarang terserah anda. Mau ditaruh dimana (di Main di atas atau di bawah, atau Sidebar). Klik "Tambah Gadget". Cari “HTML/Java Script” lalu klik. Copy contoh 1, 2 atau 3 terserah mana yang mau dipilih, lalu paste di halaman "Konten" dan klik simpan. Selesai.

Selamat mencoba.

Postingan Terkait



0 komentar: